UMSurabaya Repository

Efektivitas Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Irsyad Kota Madiun

Haq, Muhammad Rijalul (2016) Efektivitas Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Irsyad Kota Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (691Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (694Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (819Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (601Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (985Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (456Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (230Kb)

                Abstract

                Globalisasi telah berdampak sangat besar pada berbagai aspek seperti batas-batas antar Negara sehingga dunia menjadi lebih transparan. Globalisasi terjadi antara lain disebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama teknologi informasi yang semakin hari semakin pesat perkembangannya sehingga menuntut perubahan mendasar dalam berbagai bidang kehidupan, ekonomi, politik, sosial, budaya, termasuk pendidikan.Berbagai macam perkembangan teknologi sudah menjadi suatu kebutuhan pekerjaan manusia, tak lepas juga peran guru. Penerapan cara mengajar konvensional yang melekat erat pada pendidikan tidak sesuai dengan program pemerintah tentang pengembangan pendidikan dimana dalam pengajarnya pemanfaatan teknologi secara tepat guna.Secara bertahap peran teknologi akan berdampak dalam pendidikan terutama Pendidikan Agama Islam. Dari gambaran latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dapat dibuat adalah : (1) Bagaimanakah pemanfaatan penerapan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di MI Al Irsyad Kota Madiun ? (2) Bagaimana Kompetensi Guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di MI Al Irsyad Kota Madiun (3) Bagaimana efektivitas Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di MI Al Irsyad Kota Madiun ? Penelitian menggunakan dasar penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder, teknik dalam penghimpunan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi, dan metode yang digunakan penganalisa data adalah reduksi, display data dan verifikasi. Hasil dari Penelitian mengindikasikan bahwa efektivitas penerapan teknologi merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas peserta didik dalam Pendidikan Agama Islam di kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Irsyad Kota Madiun dalam meningkatkan minat siswa dalam kegiatan belajar. Selain itu, penelitian mengindikasikan bahwasanya seluruh guru mata pelajaran dan guru pendidikan agama islam secara khusus memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi dalam kegiatan penunjang belajar. Namun, dikarenakan kekurangan fasilitas maka penerapannya dalam pembelajaran kurang efisien.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Teknologi, Pendidikan Agama Islam
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 27 Nov 2017 16:03
                Last Modified: 25 Jul 2018 11:38
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1541

                Actions (login required)

                View Item