UMSurabaya Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA’ DI SDN JEPARA I - SURABAYA

Mesnawi, Mesnawi and Mulyono Najamuddin,, M.Pd.I (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA’ DI SDN JEPARA I - SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (463Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (565Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (493Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (201Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (406Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (Bab 5)
            Download (95Kb) | Preview

              Abstract

              Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengembangkan pembelajaran,melalui pemantapan pemahaman konsep dan secara khusus tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Manfaat penelitian adalah : {1}.Bagi Guru sebagai bahan untuk mengembangkan sebagai perbaikan – kinerjanya untuk mencapai harapan {2}.Bagi siswa. Manfaat yang dirasakan –adalah secara langsung dapat meningkatkan pemakaian dalam hal membaca dan menulis Al-Qur’an pemahaman yang dimulai dari tahap prabaca.{3}. Bagi peneliti sebagai refrensi pengembangan penelitian berikutnya yang terkait dengan pembelajaran Al-Qur’an.Penelitian ini dilakukan di SDN Jepara I – Surabaya. Metode yang dilakukan adalah metode kualitatif yang bersifat menela’ah, mereduksi,menyimpulkan data dengan menggunakan sampel. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa peningkatan pembelajaran dengan tindakan dapat dilihat dari – hasil tes yang dicapai para murid. Pada akhir pembelajaran,dari hasil tes terungkap bahwa rata-rata nilai murid – pada siklus 1 adalah 5,5 pada siklus 2 adalah 7,5 berdasarkan hasil yang dicapai – oleh murid tersebut kemampuan memahami isi bacaan menunjukkan kualifikasi –baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas,maka disarankan guru memotivasi - murid agar membaca Al-Qur’an disetiap hari. Memberikan pertanyaan-pertanyaan Tentang ilmu tajwid meningkatkan pemahaman murid dalam membaca Al-Qur’an Karena membaca Al-Qur’an itu merupakan bagian dari salah satu ibadah. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif - setrategi pembelajaran membaca Al-Qur’an di SDN Jepara 1 yang menekankan – pada proses pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan mem - baca Al-Qur’an,disarankan guru menguasai setrategi pembelajaran dengan pertanyaan penuntun,baik dalam merencanakan, melaksanakan ,maupun mengevaluasi pembelajaran Kata Kunci: metode iqro’, pengertian metode iqro’,pengertian Al-Qur’an.

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
              Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
              Depositing User: Users 319 not found.
              Date Deposited: 28 Nov 2017 09:52
              Last Modified: 28 Nov 2017 09:52
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1650

              Actions (login required)

              View Item