UMSurabaya Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA’ DI SDN JEPARA I - SURABAYA

Mesnawi, Mesnawi and Mulyono Najamuddin,, M.Pd.I (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA’ DI SDN JEPARA I - SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (463Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (565Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (493Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (201Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (406Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (95Kb)

              Abstract

              Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengembangkan pembelajaran,melalui pemantapan pemahaman konsep dan secara khusus tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Manfaat penelitian adalah : {1}.Bagi Guru sebagai bahan untuk mengembangkan sebagai perbaikan – kinerjanya untuk mencapai harapan {2}.Bagi siswa. Manfaat yang dirasakan –adalah secara langsung dapat meningkatkan pemakaian dalam hal membaca dan menulis Al-Qur’an pemahaman yang dimulai dari tahap prabaca.{3}. Bagi peneliti sebagai refrensi pengembangan penelitian berikutnya yang terkait dengan pembelajaran Al-Qur’an.Penelitian ini dilakukan di SDN Jepara I – Surabaya. Metode yang dilakukan adalah metode kualitatif yang bersifat menela’ah, mereduksi,menyimpulkan data dengan menggunakan sampel. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa peningkatan pembelajaran dengan tindakan dapat dilihat dari – hasil tes yang dicapai para murid. Pada akhir pembelajaran,dari hasil tes terungkap bahwa rata-rata nilai murid – pada siklus 1 adalah 5,5 pada siklus 2 adalah 7,5 berdasarkan hasil yang dicapai – oleh murid tersebut kemampuan memahami isi bacaan menunjukkan kualifikasi –baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas,maka disarankan guru memotivasi - murid agar membaca Al-Qur’an disetiap hari. Memberikan pertanyaan-pertanyaan Tentang ilmu tajwid meningkatkan pemahaman murid dalam membaca Al-Qur’an Karena membaca Al-Qur’an itu merupakan bagian dari salah satu ibadah. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif - setrategi pembelajaran membaca Al-Qur’an di SDN Jepara 1 yang menekankan – pada proses pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan mem - baca Al-Qur’an,disarankan guru menguasai setrategi pembelajaran dengan pertanyaan penuntun,baik dalam merencanakan, melaksanakan ,maupun mengevaluasi pembelajaran Kata Kunci: metode iqro’, pengertian metode iqro’,pengertian Al-Qur’an.

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
              Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
              Depositing User: b b basit
              Date Deposited: 28 Nov 2017 16:52
              Last Modified: 28 Nov 2017 16:52
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1650

              Actions (login required)

              View Item