UMSurabaya Repository

KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING

Muftia, Intan and Drs. Iis Holisin, M.Pd and Wudjud SD, M.Pd (2012) KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (598Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (214Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (210Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (317Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (534Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (151Kb)
              [img] PDF (BAB 6)
              Restricted to Repository staff only

              Download (252Kb)
                [img] PDF (Lampiran)
                Restricted to Repository staff only

                Download (1270Kb)

                  Abstract

                  Kata Kunci: Komunikasi, Reciprocal Teaching. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika Kelas VII-B di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya menyatakan bahwa pembelajaran matematika masih bersifat konvensional dengan metode ceramah, tanpa memperhatikan komunikasi tulis dan lisan siswa pada materi yang diajarkan. Padahal komunikasi tulis dan lisan sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Komunikasi lisan dan tulis banyak membantu guru untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi yang diberikan. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu alternatif model pembelajaran inovatif yang mampu melatih kemampuan komunikasi siswa adalah model pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Pada penelitian ini kemampuan komunikasi dibatasi pada komunikasi verbal, yang terdiri dari komuniaksi lisan dan tulisan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 7 Surabaya sebanyak 31 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan analisis data yang dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi tulis siswa cenderung pada kriteria “baik sekali”. Sedangkan kemampuan komunikasi lisan siswa-guru untuk keterampilan menjelaskan cenderung pada kriteria “Baik sekali” dengan skor . Kemampuan komunikasi lisan siswaguru untuk keterampilan bertanya cenderung pada kriteria “Baik”.

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: Q Science > QA Mathematics
                  Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                  Depositing User: b b abdaziz
                  Date Deposited: 28 Nov 2017 17:05
                  Last Modified: 28 Nov 2017 17:05
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1654

                  Actions (login required)

                  View Item