UMSurabaya Repository

KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING

Muftia, Intan and Drs. Iis Holisin, M.Pd and Wudjud SD, M.Pd (2012) KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 1)
Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 2)
Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 3)
Download (325kB) | Preview
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] PDF (BAB 6)
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi, Reciprocal Teaching. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika Kelas VII-B di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya menyatakan bahwa pembelajaran matematika masih bersifat konvensional dengan metode ceramah, tanpa memperhatikan komunikasi tulis dan lisan siswa pada materi yang diajarkan. Padahal komunikasi tulis dan lisan sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Komunikasi lisan dan tulis banyak membantu guru untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi yang diberikan. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu alternatif model pembelajaran inovatif yang mampu melatih kemampuan komunikasi siswa adalah model pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Pada penelitian ini kemampuan komunikasi dibatasi pada komunikasi verbal, yang terdiri dari komuniaksi lisan dan tulisan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 7 Surabaya sebanyak 31 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan analisis data yang dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi tulis siswa cenderung pada kriteria “baik sekali”. Sedangkan kemampuan komunikasi lisan siswa-guru untuk keterampilan menjelaskan cenderung pada kriteria “Baik sekali” dengan skor . Kemampuan komunikasi lisan siswaguru untuk keterampilan bertanya cenderung pada kriteria “Baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 10:05
Last Modified: 28 Nov 2017 10:05
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item