UMSurabaya Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA KELAS VIII MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)

LAILI ISRO’IYAH, NUR and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Makmun Hidayat, S.Pd, M.Pd (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA KELAS VIII MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (1058Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (BAB 1)
    Download (160Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (BAB 2)
      Download (239Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (BAB 3)
        Download (434Kb) | Preview
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (167Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (158Kb)
              [img] PDF (BAB 6)
              Restricted to Registered users only

              Download (104Kb)
                [img] PDF (LAMPIRAN)
                Restricted to Registered users only

                Download (1448Kb)

                  Abstract

                  Kata Kunci : Kooperatif tipe TAI, Hasil Belajar SMP Muhammadiyah 13 Surabaya menentukan nilai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) sebesar 70 untuk mata pelajaran matematika. Saat ini rata-rata nilai matematika pada beberapa pokok bahasan masih dibawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga siswa masih belum memahami konsep matematika secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B pada pelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 13 Surabaya, peningkatan hasil belajar pada khususnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena dalam penelitian ini dilakukan fase-fase tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Kelas penelitian adalah kelas VIII B sedangkan kelas VIII A digunakan sebagai kelas uji instrument. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya. Terlihat dari ulangan harian terakhir siswa ke siklus I yang memperoleh rata-rata 72,07 atau meningkat 6,77%. Siklus I ke siklus II memperoleh rata-rata 73,11 atau meningkat 1,48%.

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: Q Science > QA Mathematics
                  Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                  Depositing User: Users 320 not found.
                  Date Deposited: 28 Nov 2017 10:10
                  Last Modified: 28 Nov 2017 10:10
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1658

                  Actions (login required)

                  View Item