UMSurabaya Repository

PERBEDAAN PERILAKU PENCEGAHAN KARIES GIGI: PUZZLE DAN STORY TELLING SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KESEHATAN

Damayanti, Gita Retno and Aziz Alimul, S.Kep., NS., M.Kes. and Gita Marini, S.Kep., Ns., M.Kes (2016) PERBEDAAN PERILAKU PENCEGAHAN KARIES GIGI: PUZZLE DAN STORY TELLING SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KESEHATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (390Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (106Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (399Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (213Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (356Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (192Kb)
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (2775Kb) | Preview
                [img] PDF (Lampiran)
                Restricted to Repository staff only

                Download (2775Kb)

                  Abstract

                  Kesadaran anak dalam menjaga kebersihan mulut setiap harinya masih sangat rendah. Banyak anak yang hanya menggosok gigi sehari sekali, bahkan anak-anak masih malas untuk berkumur atau minum air putih setelah makan manis. Kebiasan buruk yang berlangsung secara terus menerus akan dapat menyebabkan karies gigi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kesehatan (Helath Promotion) dan memberikan perlindungan khusus (specific protection), melalui permainan edukatif seperti puzzle, lego, building block, bermain peran, story telling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Perilaku Pencegahan Karies Gigi: Puzzle dan Story Telling Sebagai Media Pendidikan Kesehatan. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy experimental dengan populasi seluruh anak TK. B dan besar sampel sebanyak 78 anak dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah puzzle dan story telling yang masing-masing dilakukan seminggu sekali selama 4 kali, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah pencegahan karies gigi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner pencegahan karies gigi yang sudah dilakukan uji validitas. Analisa data yang digunakan uji kruskall wallis. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan perilaku pencegahan karies gigi antara Pendidikan Kesehatan dengan Permainan Puzzle dan Story Telling, berdasarkan uji kruskal wallis ρ=0,000 < α = 0,05. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan memilih metode yang efektif untuk mencegah karies gigi melalui pendidikan kesehatan dengan permainan puzzle dan story telling. Kata Kunci: Pencegahan Karies Gigi, Pendidikan Kesehatan, Puzzle, Storytelling

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
                  R Medicine > RT Nursing
                  Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
                  Depositing User: Users 270 not found.
                  Date Deposited: 29 Nov 2017 04:19
                  Last Modified: 29 Nov 2017 04:19
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1692

                  Actions (login required)

                  View Item