UMSurabaya Repository

HUBUNGAN ANTARA SEMANGAT KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA TAMBUNG DAN DESA SUMEDANGAN KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN

Wulandari, Nurhayati and Dra. Siti Atiyyatul Fahiroh, M.Si and Agus Poerwanto , S.Psi., M.Kes (2015) HUBUNGAN ANTARA SEMANGAT KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA TAMBUNG DAN DESA SUMEDANGAN KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (162Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (94Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (158Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (147Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (131Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (66Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1079Kb)

                Abstract

                Nurhayati Wulandari. 09640009. Hubungan Antara Semangat Kerja Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Desa Tambung dan Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Skripsi. Dosen Pembimbing I : Dra. Siti Atiyyatul Fahiroh, M. Si dan Dosen Pembimbing 2 : Agus Poerwanto S.Psi, M.Kes. Program Studi S1 Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya 2015. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara semangat kerja dengan kinerja guru. Semangat kerja adalah suatu iklim atau suasana kerja yang terdapat di dalam suatu organisasi yang menunjukkan rasa kegairahan di dalam melaksanakan pekerjaan dan mendorong mereka untuk bekerja secara lebih baik dan lebih produktif. Kinerja adalah hasil kerja suatu organisasi dalam rangka mewujudkan tujuannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, karena mencari hubungan antar dua variabel. Populasi penelitian adalah semua guru Sekolah Dasar Negeri di Desa Tambung dan Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Sampel diambil dnegan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebesar 40 guru. Variabel dalam penelitian terbagi dua yaitu variabel bebas (semangat kerja) dan variabel terikat (kinerja guru). Validitas instrumen diuji dengan menggunakan validitas isi dengan rumus Product Moment dari Pearson sedangkan untuk mengetahui reliabilitas digunakan rumus Alpha-cronbach. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dengan uji asumsi meliputi uji normalitas dengan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov test, uji linieritas dengan uji F. Hasil analisis pada taraf signifikan 5 % menunjukan bahwa : terdapat hubungan positif yang signifikan antara semangat kerja dengan kinerja guru sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya korelasi signifikan pada taraf 0,05 dan menunjukkan angka sebesar 0,618; angka ini menunjukkan adanya korelasi yang kuat dan searah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara semangat kerja dengan kinerja guru sekolah dasar di Desa Tambung dan Desa Sumedangan kecamatan pademawu kabupaten pamekasan. Kata Kunci : semangat kerja dan kinerja guru.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QP Physiology
                Divisions: Fakultas Psikologi > Prodi Psikologi
                Depositing User: Users 322 not found.
                Date Deposited: 07 Nov 2017 16:35
                Last Modified: 07 Nov 2017 16:35
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/194

                Actions (login required)

                View Item