UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP IKHWATUL MUKMININ ADONARA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

AMINAH RL, SITTI and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si,M.Si and Agus Solikin, S.Pd.M.Pd.I (2015) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP IKHWATUL MUKMININ ADONARA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (247Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (312Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (506Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (462Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (324Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (Bab 5)
            Download (150Kb) | Preview
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (6Mb)

                Abstract

                Aminah, Sitti R.L. 2015. Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Ikhwatul Mukminin Adonara Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Wahyuni Suryaningtyas, S.Si.M.Si Pembimbing II: Agus Solikin, S.Pd.M.Pd.I. SMP Ikhwatul Mukminin Adonara menentukan nilai Standart Kelulusan Minimal (SKM) sebesar 70% untuk mata pelajaran matematika. Saat ini rata-rata nilai matematika pada beberapa siswa masih di bawah Standart Ketuntasan Minimal (SKM) salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu pembelajaran masih terpusat pada guru. Sehingga siswa masih belum memahami konsep matematika secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk memngetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran matematika di SMP Ikhwatul Mukminin Adonara, peningkatan hasil belajar pada khususnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena dalam penelitian ini dilakukan fase-fase tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Kelas penelitian ini adalah kelas VII. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Ikhwatul Mukminin Adonara. Terlihat dari rata-rata nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa ke Siklus I yang memperoleh rata-rata 73,96 atau meningkat sebesar 22,17%. siklus I ke siklus II memperoleh rata-rata 80,54 atau meningkat sebesar 8,90%. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Learning Cycle 5E, Hasil Belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 07 Nov 2017 17:04
                Last Modified: 07 Nov 2017 17:04
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/207

                Actions (login required)

                View Item