UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP IKHWATUL MUKMININ ADONARA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

AMINAH RL, SITTI and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si,M.Si and Agus Solikin, S.Pd.M.Pd.I (2015) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP IKHWATUL MUKMININ ADONARA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (253kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (153kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Aminah, Sitti R.L. 2015. Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Ikhwatul Mukminin Adonara Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Wahyuni Suryaningtyas, S.Si.M.Si Pembimbing II: Agus Solikin, S.Pd.M.Pd.I. SMP Ikhwatul Mukminin Adonara menentukan nilai Standart Kelulusan Minimal (SKM) sebesar 70% untuk mata pelajaran matematika. Saat ini rata-rata nilai matematika pada beberapa siswa masih di bawah Standart Ketuntasan Minimal (SKM) salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu pembelajaran masih terpusat pada guru. Sehingga siswa masih belum memahami konsep matematika secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk memngetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran matematika di SMP Ikhwatul Mukminin Adonara, peningkatan hasil belajar pada khususnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena dalam penelitian ini dilakukan fase-fase tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Kelas penelitian ini adalah kelas VII. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Ikhwatul Mukminin Adonara. Terlihat dari rata-rata nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa ke Siklus I yang memperoleh rata-rata 73,96 atau meningkat sebesar 22,17%. siklus I ke siklus II memperoleh rata-rata 80,54 atau meningkat sebesar 8,90%. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Learning Cycle 5E, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 10:04
Last Modified: 07 Nov 2017 10:04
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item