UMSurabaya Repository

Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Mimpi Siswa Kelas IV SDN Batokaban 02 Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017

Wahyudi, Meftahurrohman (2017) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Mimpi Siswa Kelas IV SDN Batokaban 02 Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (482Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (308Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (383Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (244Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (535Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (88Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (489Kb)

                Abstract

                Menulis menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki setiap peserta didik dalam proses pembelajaran sebagai cara untuk memperoleh pengetahuan. Akan tetapi, siswa seringkali masih mengalami kesulitan untuk menguasai keterampilan tersebut, terutama dalam menulis puisi yang menuntut mereka menguasai banyak kosakata dan memadukannya dalam sebuah kalimat yang indah dan sistematis. Permasalahan tersebut bisa dilatarbelakangi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah media atau metode yang digunakan guru selama proses belajar berlangsung. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media yang dalam hal ini menggunakan alat peraga berbentuk kartu mimpi guna meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka dari 4 orang peneliti terdahulu yang relevan. Dan kerangka teorinya adalah teori-teori tentang: 1. Menulis Puisi, 2. Alat peraga kartu mimpi yang diambil dari beberapa pendapat para ahli. Keterbaruan dari penelitian ini terletak pada penekanan aspek bahasa, walaupun sama-sama peningkatan kemampuan menulis, tetapi penelitian ini berbeda alat peraga yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini terdiri dari kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua teknik yaitu tes yang berupa tes menulis puisi dan observasi untuk melihat pelaksanaan pembelajaran di kelas. Hasil penelitian terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis puisi melalui alat peraga kartu mimpi. Hal tersebut terlihat dari kenaikan rata-rata hasil tes siswa dalam menulis puisi. Hasil pada pra siklus didapatkan nilai rata-rata 60.69, pada siklua I didapatkan nilai rata-rata sebesar 67,25 dan pada siklus II didapatkan nilai 77. presentase ketuntasan dalam keterampilan menulis puisi didapatkan siklus I 55% tuntas dan 45% tidak tuntas, sedangkan pada siklus II 85% dan tidak tuntas sebesar 15%.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Kartu Mimpi, Media, Menulis, Puisi
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
                Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 24 Feb 2018 16:58
                Last Modified: 23 Jul 2018 12:39
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2107

                Actions (login required)

                View Item