UMSurabaya Repository

Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri Tengket 03 Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017

Jamil, Moh. (2017) Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri Tengket 03 Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (361Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (215Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (246Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (197Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (538Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (89Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (389Kb)

                Abstract

                Berdasarkan hasil Observasi tanggal 23 Agustus 2016 nilai karangan siswa kelas IV SD Negeri Tengket 3 Bangkalan nampak bahwa keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik masih rendah. Hal ini terlihat dalam nilai rata-rata menulis karangan deskripsi sebanyak 11 siswa dari 20 siswa masih mendapatkan nilai 65, padahal Kriteria ketuntasan minimal yang harus dicapai siswa adalah 75. Dalam pengkajian materi guru belum mampu menyajikan materi menulis secara menarik, inspiratif, dan kreatif karena masih menggunakan metode ceramah dengan teknik penugasan. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi serta untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain eksperimen Matching Pretest-Posttest Control Group Desain. Penelitian ini menggunakan sampel kelas IVA sebagai kelompok kontrol dan IVB sebagai kelompok eksperimen yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Penempatan sampel pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menggunakan judgement sampling. Hasil pretest nilai tertinggi kelas kontrol adalah 70 dan nilai terendah adalah 58 dengan nilai rata-rata 62,35 dan stadart deviasi 3,47. Hasil pretest kelas eksperimen nilai tertinggi berada pada angka 68 dan nilai terendah adalah 57 dengan nilai rata-rata 61,80 dan stadart deviasi 3,33. Sementara hasil postest nilai tertinggi kelas kontrol menunjukkan angka 84 dan nilai terendah adalah 69 dengan nilai rata-rata 74,55 dan stadart deviasi 3,61. Hasil postest kelas eksperimen nilai tertinggi adalah 86 dan nilai terendah adalah 77 dengan nilai rata-rata 81,60 dan stadart deviasi 2,48. Hasil uji t nilai t hitung adalah 3,709. Apabila dibandingkan dengan t tabel maka dapat disimpulkan bahwa t hitung (3,709) > t tabel (1.708). Sedangkan nilai Sig (2-tailed) merupakan nilai probabilitas/p value uji independent sample T test menunjukkan hasil 0,001 artinya terdapat perbedaan antara hasil pretest dan hasil postest karena nilai 0,001 < 0,05 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Tengket 03 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Media Gambar Berseri, Menulis Karangan Deskripsi
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
                Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 25 Feb 2018 13:20
                Last Modified: 23 Jul 2018 11:00
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2126

                Actions (login required)

                View Item