UMSurabaya Repository

Model-Model Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Filsafat Essensialisme

Rahman, Fakhruddin A. (2017) Model-Model Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Filsafat Essensialisme. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (415kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (341kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian tesis ini dapat penulis deskripsikan sebagai berikut : pertama, bagaimana model-model strategi pembelajaran pendidikan agama Islam; kedua, bagaimana konsep pembelajaran filsafat essensialisme; ketiga, bagaimana model-model strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam perpesktif filsafat essensialisme. Jenis penelitian dalam tesis ini menggunakan penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan kualitatif; metode pengumpulan datanya : metode dokumenter, yaitu untuk mengumpulkan data-data dan informasi pada bahan pustaka yang relevan dengan objek penelitian; sedang analisis datanya dengan metode deduktif dan metode induktif. Temuan penelitian dalam tesis ini dapat disimpulkan : Pertama : Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan kerangka konseptual yang berfungsi sebagai pedoman bagi perancang dan pelaksana pendidikan. Model-model strategi pembelajaran yang dipakai adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa seperti, koperatif, kontekstual dan Aktif; Kedua : Filsafat essensialisme adalah filsafat pendidikan yang berpendapat bahwa pendidikan harus mempunyai pijakan yang pasti dari nilai-nilai kebudayaan lama, warisan sejarah, yang telah terbukti memberikan kebaikan-kebaikan bagi kehidupan. Model-model strategi pembelajaran dalam perspektif filsafat essensialisme adalah strategi pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Centered); Ketiga : Penggunaan model-model strategi pembelajaran yang mengedepankan aktifitas siswa, siswa sebagai subyek (Student Centered), seperti pembelajaran Kontekstual (CTL), pembelajaran Aktif, dan pembelajaran Kooperatif, hendaknya tidak mengurangi dan menghilangkan sepenuhnya eksistensi guru. Bagaimanapun, keberhasilan pendidikan atau pembelajaran dalam mendidik, mengajar, dan membentuk karakteristik siswa terletak pada seberapa besar keterlibatan peran guru dalam pendidikan dan pembelajaran itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, fisafat essensialisme, model-model
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:37
Last Modified: 23 Jul 2018 03:11
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item