UMSurabaya Repository

Model-Model Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Filsafat Essensialisme

Rahman, Fakhruddin A. (2017) Model-Model Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Filsafat Essensialisme. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (297Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (567Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (416Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (405Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (408Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (158Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (333Kb)

                Abstract

                Rumusan masalah dalam penelitian tesis ini dapat penulis deskripsikan sebagai berikut : pertama, bagaimana model-model strategi pembelajaran pendidikan agama Islam; kedua, bagaimana konsep pembelajaran filsafat essensialisme; ketiga, bagaimana model-model strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam perpesktif filsafat essensialisme. Jenis penelitian dalam tesis ini menggunakan penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan kualitatif; metode pengumpulan datanya : metode dokumenter, yaitu untuk mengumpulkan data-data dan informasi pada bahan pustaka yang relevan dengan objek penelitian; sedang analisis datanya dengan metode deduktif dan metode induktif. Temuan penelitian dalam tesis ini dapat disimpulkan : Pertama : Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan kerangka konseptual yang berfungsi sebagai pedoman bagi perancang dan pelaksana pendidikan. Model-model strategi pembelajaran yang dipakai adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa seperti, koperatif, kontekstual dan Aktif; Kedua : Filsafat essensialisme adalah filsafat pendidikan yang berpendapat bahwa pendidikan harus mempunyai pijakan yang pasti dari nilai-nilai kebudayaan lama, warisan sejarah, yang telah terbukti memberikan kebaikan-kebaikan bagi kehidupan. Model-model strategi pembelajaran dalam perspektif filsafat essensialisme adalah strategi pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Centered); Ketiga : Penggunaan model-model strategi pembelajaran yang mengedepankan aktifitas siswa, siswa sebagai subyek (Student Centered), seperti pembelajaran Kontekstual (CTL), pembelajaran Aktif, dan pembelajaran Kooperatif, hendaknya tidak mengurangi dan menghilangkan sepenuhnya eksistensi guru. Bagaimanapun, keberhasilan pendidikan atau pembelajaran dalam mendidik, mengajar, dan membentuk karakteristik siswa terletak pada seberapa besar keterlibatan peran guru dalam pendidikan dan pembelajaran itu sendiri.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, fisafat essensialisme, model-model
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Feb 2018 12:37
                Last Modified: 23 Jul 2018 10:11
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2155

                Actions (login required)

                View Item