UMSurabaya Repository

Implementasi Strategi Think, Talk, Write dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMP Al-Islah Gunung Anyar Tengah Surabaya

Sofiyah, Siti (2017) Implementasi Strategi Think, Talk, Write dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMP Al-Islah Gunung Anyar Tengah Surabaya. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (180Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (182Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (565Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (218Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (330Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (147Kb)

              Abstract

              Untuk menciptakan pembelajaran yanag kreatif, dan menyenangkan di perlukan berbagai ketrampilan membelajarkan atau keterampilan mengajar, maka pada penelitian ini rumusan masalahnya : pertama, bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Islah Gunung Anyar Tengah Surabaya?; kedua, bagaimana meningakatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PAI di SMP Al-Islah Gunung Anyar Tengah Surabaya? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya drngan observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis datanya menggunakan metode induktif, deduktif dan komparatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan: Pertama, Strategi Think, Talk, Write di terapkan di SMP Al-Islah Gunung Anyar Tengah Surabaya dengan cara membentuk kelompok-kelompok yang masing-masing harus dapat mempresentasikan kandungan ayat, bacaan tajwid yang ada dalam ayat tersebut. Setiap kelompok harus aktif dalam kegiatan ini karena nilai siswa di dapat dari poin-poin yang diberikan guru pada saat diskusi dan Tanya jawab berlangsung. Adapun penerapan strategi ini tidak mengalami problem atau kendala yang berarti, strategi Think, Talk, Write sudah memberi hasil yang sangat memuaskan, di samping itu strategi ini juga menggunakan beberapa metode diantaranya ceramah, Tanya jawab, dan lain-lain dalam proses pembelajaran; Kedua, dengan menggunakan strategi Think, Talk, Write dapat di katakana bahwa keaktifan belajar siswa sudah Baik, karena anak-anak tersebut sudah memenuhi sebagian dari indikator keaktifan belajar, lebih antusias dan lebih bersemangat.

              Item Type: Thesis (Masters)
              Uncontrolled Keywords: Strategi Think, Talk, Write, Keaktifan Belajar Siswa, Implementasi
              Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
              L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 27 Feb 2018 13:53
              Last Modified: 23 Jul 2018 10:19
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2167

              Actions (login required)

              View Item