UMSurabaya Repository

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM LESSON STUDY UNTUK MENGASAH KEMAMAPUAN ANALISA MAHASISWA

Martati, Badruli and Abidin, Ratno and Wahono, Wahono and Hendarwati, Endah and Setiawan, Aris (2015) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM LESSON STUDY UNTUK MENGASAH KEMAMAPUAN ANALISA MAHASISWA. Didaktis : Jurnal Pendidikan, 15 (3). pp. 82-87. ISSN 1412-5889

[img]
Preview
PDF (Didaktis : Jurnal Pendidikan (Vol. 15, No. 3, Oktober 2015))
Download (3529Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu tujuan mata kuliah metodologi pembelajaran afektif adalah agar mahasiswa memiliki wawasan yang luas terkait perkembangan afektif anak usia dini. Usia perkembangan manusia pada masa anak usia dini disebut masa keemasan (golden age), suatu masa dimana anak secara khusus mudah menerima stimulus- stimulus dari lingkungan. Ada beberapa perkembangan anak usia dini, salah satunya adalah perkembangan sosial, dimana anak mulai membangun hubungan dengan keluarga mereka dan juga orang lain. Unsur- unsur perkembangan sosial tersebut yang perlu dibantu perkembangannya secara optimal oleh guru dan calon guru anak usia dini, dilakukan melalui penerapan problem based learning. Untuk meningkatkan kompetensi dosen dan kualitas pembelajaran dilakukan kegiatan lesson study di program studi G PAUD Universitas Muhammadiyah Surabaya, dimana proses sistematik dilaksanakan antara dosen yang berkolaborasi untuk merancang (plan), mengamati (do) dan melakukan refleksi (see) terhadap mata kuliah metodologi pembelajaran afektif anak usia dini. Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif tari, anak usia dini

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
    Date Deposited: 13 Mar 2018 11:38
    Last Modified: 13 Mar 2018 11:46
    URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2274

    Actions (login required)

    View Item