Martati, Badruli and Abidin, Ratno and Wahono, Wahono and Hendarwati, Endah and Setiawan, Aris
(2015)
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM LESSON STUDY UNTUK MENGASAH KEMAMAPUAN ANALISA MAHASISWA.
Didaktis : Jurnal Pendidikan, 15 (3).
pp. 82-87.
ISSN 1412-5889
Abstract
Salah satu tujuan mata kuliah metodologi pembelajaran afektif adalah agar mahasiswa memiliki wawasan yang luas terkait perkembangan afektif anak usia dini. Usia perkembangan manusia pada masa anak usia dini disebut masa keemasan (golden age), suatu masa dimana anak secara khusus mudah menerima stimulus- stimulus dari lingkungan. Ada beberapa perkembangan anak usia dini, salah satunya adalah perkembangan sosial, dimana anak mulai membangun hubungan dengan keluarga mereka dan juga orang lain. Unsur- unsur perkembangan sosial tersebut yang perlu dibantu perkembangannya secara optimal oleh guru dan calon guru anak usia dini, dilakukan melalui penerapan problem based learning.
Untuk meningkatkan kompetensi dosen dan kualitas pembelajaran dilakukan kegiatan lesson study di program studi G PAUD Universitas Muhammadiyah Surabaya, dimana proses sistematik dilaksanakan antara dosen yang berkolaborasi untuk merancang (plan), mengamati (do) dan melakukan refleksi (see) terhadap mata kuliah metodologi pembelajaran afektif anak usia dini.
Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif tari, anak usia dini
Actions (login required)
|
View Item |