UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA

SETIANINGSIH, DIA and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Febriana Kristanti, S.Si, M.Si (2015) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (747Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (269Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (206Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (316Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (342Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (87Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (6Mb)

                Abstract

                Banyak yang beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk diajarkan dan dipelajari. Salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak, inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam matematika dan guru masih belum menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif komparatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dianalisis deskriptif komparatifadalah : ketuntasan belajar dan aktifitas siswa dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan nilai prestasi belajar matematika siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Surabaya dapat ditingkatkan melalui pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Siklus 1 dengan rata-rata 2,82, meningkat sebesar 25,89% dari nilai pretest. Siklus 2 meningkat 10,28% dari siklus 1 dengan rata-rata 3,11. Hal ini menunjukkan bahwa siswa senang terhadap proses pembelajaran menggunakan pendekatan ini. Kata Kunci : pendekatan saintifik, prestasi belajar, Aritmatika Sosial

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 07 Nov 2017 18:34
                Last Modified: 07 Nov 2017 18:34
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/229

                Actions (login required)

                View Item