UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA BERITA DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS X.2 SMA WACHID HASYIM 1 SURABAYA

Wariyati, Kun and Dr. Sujinah, M.Pd. and Drs. Yarno, M.Pd (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA BERITA DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS X.2 SMA WACHID HASYIM 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (314Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (93Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (204Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (229Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (399Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (88Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (529Kb)

                Abstract

                Keterampilan menulis cerpen siswa X.2 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya masih rendah. Hal ini disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang tepat. Guru sebagai fasilitator berperan penting dalam memilih media pembelajaran yang sesuai dalam meningkatan keterampilan menulis cerpen. Media berita diharapkan bisa menjadi teknik pembelajaran yang tepat dalam peningkatan keterampilan menulis cerpen di SMA. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media berita dan perubahan sikap siswa kelas X.2 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya, pada saat mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media berita dengan metode latihan terbimbing. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa dan mengetahui perubahan sikap siswa kelas X.2 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya dalam pembelajaran menulis cerpen setelah menggunakan media berita dengan metode latihan terbimbing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus. Siklus I dan Siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas X.2 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik Instrumen tes dan non tes, berupa angket dan pengamatan. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan media berita nilai rata – rata siswa kelas X-2 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya mengalami peningkatan. Pada tindakan siklus I nilai rata-rata siswa 68.65 selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa 77.55 artinya mengalami peningkatan sebesar 8.9. Sikap dan perilaku siswa menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan tenang dalam pembelajaran menulis cerpen. Simpulan peneliti ini adalah melalui media berita dengan metode latihan terbimbing mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X.2 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Saran yang peneliti sampaikan adalah guru hendaknya membimbing siswa menulis cerpen melalui media berita dan dalam memilih berita disesuaikan dengan tema yang ditentukan.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                P Language and Literature > P Philology. Linguistics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 06 May 2018 09:11
                Last Modified: 06 May 2018 09:11
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2335

                Actions (login required)

                View Item