UMSurabaya Repository

Peran dan Fungsi Panti Asuhan Muhammadiyah dalam Pendidikan Agama Islam Pasca Peraturan Menteri Sosial Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Pengasuhan Anak

Subiantoro, Subiantoro (2015) Peran dan Fungsi Panti Asuhan Muhammadiyah dalam Pendidikan Agama Islam Pasca Peraturan Menteri Sosial Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Pengasuhan Anak. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (436Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (360Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (618Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (452Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (244Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (234Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (764Kb)

                Abstract

                Usaha nyata dan kepedulian pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial anak adalah didirikannya Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yaitu panti asuhan. Pemerintah melalui kemensos juga melengkapinya dengan aturan-aturan tentang pelaksanaan pengasuhan anak,diantaranya dengan diterbitkannya Permensos 21/2013 tentang Pengasuhan Anak.Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM)sebagai lembaga pengganti keluarga dalam usahanya memberikan pelayanan Pendidikan Agama Islam bagi anak asuh agar mereka dapat mandiri dan bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Peran dan fungsi PAM Gersikan Tambaksari Surabaya dalam Pendidikan Agama Islam; (2) Pengasuhan PAM Gersikan Tambaksari Surabaya pasca Permensos 21/2013 tentang Pengasuhan Anak; (3) Peran dan fungsi PAM Gersikan Tambaksari Surabaya dalam Pendidikan Agama Islam pasca Permensos 21/2013 tentang Pengasuhan Anak Penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi di PAM Gersikan Tambaksari Surabaya. Subyek adalah pengurus, pengasuh, pengajar, dan anak asuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokomentasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data yaitu membandingkan data hasil wawancara dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang bergerak dari reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran dan fungsi PAM Gersikan Tambaksari Surabaya dalam Pendidikan Agama Islam meliputi dua jalur yaitu pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah, sedangkan pengasuhan PAM Gersikan Tambaksari Surabaya pasca Permensos 21/2013 tentang Pengasuhan Anak adalah dengan menggunakan pengembangan berbasis keluarga dan masyarakat dengan menerapkan pola asuh asrama dan non asrama. Adapun peran dan fungsi PAM Gersikan dalam Pendidikan Agama Islam pasca Permensos 21/2013tentang Pengasuhan Anak adalah mendorong terjadinya perubahan nama menjadi Panti Asuhan Pesantren Muhammadiyah Gersikan Tambaksari Surabaya.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Panti Asuhan Muhammadiyah, Pesantren Muhammadiyah
                Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
                L Education > L Education (General)
                Divisions: UNSPECIFIED
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 27 Jul 2018 05:49
                Last Modified: 11 Oct 2018 11:35
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2356

                Actions (login required)

                View Item