UMSurabaya Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observer-Explain (POE) Terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem Ma Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan

Wardani, Ariwin Ayu Kusuma (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observer-Explain (POE) Terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem Ma Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (661Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (200Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (580Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (443Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (317Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (183Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (2224Kb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui bagaimana keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam pembelajaran pada siswa Ma Muhammadiyah 01 Paciran (2). Mengetahui bagaimana keterampilan proses sains siswa Ma Muhammadiyah 01 Paciran setelah di terapkan metode Predict-Observer-Explain (POE) pada materi ekosistem (3). Mengetahui bagaimana penguasaan konsep siswa Ma Muhammadiyah 01 Paciran setelah di terapkan metode Predict-Observer-Explain (POE) pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan “One Group Pre-test Pos-test Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 Ma Muhammadiyah 01 Paciran. Tehnik pengumpulan data dilakukan secara tes dan non tes (observasi) menggunakan instrument keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam pembelajaran, lembar pengamatan keterampilan proses sains siswa, pretest dan posttest.Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistic uji T. dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: (1). Keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa MA Muhammadiyah 01 Paciran pada kategori sangat baik; (2). Ada pengaruh model Predict-Observer-Explain (POE) pada materi ekosistem terhadap keterampilan proses sains siswa MA Muhammadiyah 01 Paciran; (3). Model pembelajaran Predict-Observer-Explain (POE) pada materi ekosistem berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa. Nilai rata-rata ketuntasan secara klasikal pada kelas X IPA 2 sebesar 79,31%.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Predict-Observer-Explain (POE), Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 24 Sep 2018 09:41
                Last Modified: 24 Sep 2018 09:41
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2487

                Actions (login required)

                View Item