UMSurabaya Repository

Peningkatan Literasi Visual dan Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Penerapan Metode NHT (Numbered Head Together) Berbantuan Media e-comic pada materi Animalia

Aliefiana, Melati (2018) Peningkatan Literasi Visual dan Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Penerapan Metode NHT (Numbered Head Together) Berbantuan Media e-comic pada materi Animalia. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (811Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (221Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (402Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (534Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (478Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (151Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (3629Kb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Literasi Visual dan Hasil Belajar Kognitif, serta mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa kelas X IPA 2 SMA Mujahidin Surabaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan design Post Test Grup Only. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket respon dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan metode Numbered Head Together (NHT) berbantuan media e-comic pada materi Animalia terlaksana dengan baik pada siklus II mencapai kriteria sangat baik (2) siswa merasa pembelajaran mudah bagi dirinya, merasa menarik untuk mengikuti pembelajaran, membantu dirinya untuk memahami materi dan membuat puas terhadap hasil belajar (3) Ada peningkatan Literasi Visual dan tercapainya indikator keberhasilan dengan nilai rata – rata 75,23 pada siklus ke II. (4) Ada peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan rata – rata ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus II mencapai 86,6%.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Model NHT (Numbered Head Together), media pembelajaran e-comic, Literasi Visual, dan Hasil Belajar Kognitif
                Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 24 Sep 2018 11:49
                Last Modified: 24 Sep 2018 11:49
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2501

                Actions (login required)

                View Item