UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS V SD

RIWAYATI, RIWAYATI and Drs. Wudjud SD, M.Pd and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2015) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS V SD. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Restricted to Repository staff only

Download (296Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (272Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (385Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (331Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (346Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (76Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (5Mb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika yang masih menggunakan metode ceramah, hal ini membuat siswa kurang mampu mengembangkan kemampuan mereka dalam menemukan konsep baru dan menerapkannya dalam suatu permasalahan. Sehingga proses pembelajaran kurang bermakna. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami konsep-konsep baru. Model pembelajaran Learning Cycle adalah salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanpeningkatanprestasi belajar matematikasiswakelasV SDN Karangpuri 1setelahditerapkanmodel pembelajaranLearning Cyclepada subpokokbahasanKubus dan Balok Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 35 siswa kelas V SDN Karangpuri 1 tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode angket. Dari hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa dengan mengunakan model pembelajaran Learning Cyclehasil prestasi belajar siswa pada sub pokok bahasan kubus dan balok mengalami peningkatan. Padasiklus Irata – rata hasil prestasi belajar siswa hanya memperoleh sebesar55,49denganketuntasanbelajarsecaraklasikalhanyamencapai40,00%. Sedangkan nilai rata – rata yang diperolehsiswapadasiklus II sebesar 79,41denganketuntasanbelajarsecaraklasikalmencapai 82,86%. Ketuntasanbelajarsecaraklasikalsudahterpenuhiyatu 82,86% darijumlahsiswamemperolehnilailebihbesaratausamadengan70. Kata Kunci: Learning Cycle, Prestasi belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 08 Nov 2017 09:12
                Last Modified: 08 Nov 2017 09:12
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/259

                Actions (login required)

                View Item