UMSurabaya Repository

PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA

Ervayani, Ervayani and Dr. Iis Holisin, M.Pd. and Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd (2015) PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (277Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (146Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (410Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (308Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (379Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (83Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (10Mb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai harian siswa kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya yang belum mencapai KKM dan guru yang masih menggunakanmetodeklasikaldanceramah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan PenerapanTeoriBelajar Brunner DenganPendekatanPendidikanMatematikaRealistikDi Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. Penelitianinimerupakan penelitiandeskriptif kuantitatif, bertujuan untukmendeskripsikanprestasibelajarsiswa, aktivitassiswa, aktivitas guru danresponsiswa setelah penerapan teori belajar Bruner dengan pendekatan pendidikan matematika realistik.Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 9 Surabaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 17 dan dibagi menjadi empat kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Bruner dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya sebesar 26,22 %, Aktivitas siswa sebesar 87,4%, aktivitas keterlaksanaan guru sebesar 91,6% dan respon siswa terhadap penerapan teori belajar Bruner dengan pendekatan pendidikan matematika realistik sebesar 96,7%. Kata kunci: teori Bruner, pendidikan matematika realistik

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 08 Nov 2017 12:59
                Last Modified: 08 Nov 2017 12:59
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/285

                Actions (login required)

                View Item