UMSurabaya Repository

Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo Terhadap Tingkat Kesalahan Siswa

Soemantri, Sandha (2018) Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo Terhadap Tingkat Kesalahan Siswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18 (1). pp. 74-85. ISSN 2614-0578

[img]
Preview
PDF (Jurnal Didaktis Jan 2018) - Published Version
Download (1334Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Hasil Plagiasi) - Published Version
    Download (3370Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (1182Kb) | Preview

        Abstract

        Ausburn dan Ausburn (dalam Kozhevnikov, 2007) mengatakan bahwa gaya kognitif merepresentasikan cara individu dalam mengendalikan kemampuan kognitif. Gaya kognitif menjadi tiga ranah, yaitu gaya kognitif psikologis (field dependent dan field independent), (2) gaya kognitif konseptual tempo (impulsif dan reflektif), (3) gaya kognitif berdasar cara berpikir (intuitifinduktif dan logik deduktif). Penelitian ini meneliti tentang gaya kognitif secara konseptual tempo yang dihitung menggunakan MFFT yang dimodifikasi Warli (2010) dan ditinjau pengaruhnya terhadap tingkat kesalahan siswa. Tingkat kesalahan siswa yang dimaksud adalah kesalahan yang dianalisis menggunakan taksonomi SOLO pada materi Aljabar di SMP Negeri 7 Surabaya. Data hasil MFFT dan analisis kesalahan melalui taksonomi SOLO diperoleh 34 siswa subjek penelitian dengan variabel independen (X) yang dilihat dari skor t melalui MFFT dan variable dependen (Y) dilihat dari tingkat kesalahan siswa. Sebelum melakukan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan diperoleh data yang berdistribusi normal, memenuhi linearitas, dan heteroskedastisitas. Setelah memenuhi uji asumsi klasik, dilakukan uji regresi linear sederhana dengan hasil persamaan Y = 12,939 – 1,248 X, artinya semakin cepat waktu yang digunakan siswa untuk menyelesaikan sebuah soal, akan berpengaruh negatif terhadap tingkat kesalahan siswa. Kata Kunci: gaya kognitif, impulsif-refleksif, kesalahan

        Item Type: Article
        Subjects: L Education > L Education (General)
        L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
        Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: SANDHA SOEMANTRI
        Date Deposited: 18 Mar 2019 14:21
        Last Modified: 27 Mar 2019 13:50
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3154

        Actions (login required)

        View Item