UMSurabaya Repository

Analisis Peran Mengajar Guru Pada Penigkatan Motivasi Belajar dan Kepedulian Lingkungan Siswa TK Melati Ceria School Surabaya

ASY’ARI, ASY’ARI (2018) Analisis Peran Mengajar Guru Pada Penigkatan Motivasi Belajar dan Kepedulian Lingkungan Siswa TK Melati Ceria School Surabaya. Jurnal Pedagogi , 4 (2). pp. 23-36. ISSN 2599-042X

[img]
Preview
PDF (Jurnal Asli )
Download (1224Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Pree Review)
    Download (1168Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Hasil Plagiasi )
      Download (5Mb) | Preview

        Abstract

        Abstrak Tujuan pemulisan ini untuk megetahui analisis peran guru pada peningkatan belajar peserta didik di TK Melati Ceria School Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jumlah 2 responden. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pernyataan yang relevan. Kemudian mtode peneltian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif melalui penjabaran dan diolah menjadi sebuah kalimat yang lebih runtut.Maka dari kesimpulan hasi penelitian menunjukkan bahwa belajar yang menyenangkan anak dapat dengan mudah menerima materi-materi yang diberikan tanpa adanya rasa malas pada diri anak karena ketertarikan mereka pada suasana belajar tersebut. Anak tidak akan memberontak untuk berangkat kesekolah. Dengan adanya pembelajaran diluar kelas atau diluar wilayah sekolah berupa karya wisata akan membuat anak tambah semangat dam termotivasi belajar dan mereka tertarik untuk mengetahui dan memperluas pengetahuannya tentang hal-hal lain yang ada disekitarnya. Tumbuhanya motivasi belajar karena peran guru yang profesiona memiliki kecakapan verbal dan non-verbal dengan menciptakan setrategi yang menyesuaikan kebutuhan anak dan menjadikan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Kata kunci: peran mengajar, guru, pembelajaran, siswa ABSTRACT The purpose of this writing is to find out the analysis of the role of the teacher in improving the learning of students at Melati Ceria School Surabaya. This research was conducted with a descriptive qualitative approach, with 2 respondents. Data is obtained through observation and interviews with relevant statements. Then the research method uses descriptive qualitative research. Collecting data through observation, interviews, documentation. The data obtained were analyzed descriptively through elaboration and processed into a more coherent sentence. So from the conclusion of the research results showed that learning that pleases children can easily receive the material provided without a sense of laziness in children because of their interest in the learning atmosphere. that. Children will not rebel to go to school. With the learning outside the classroom or outside the school area in the form of tourism, the children will be encouraged and motivated to learn and they are interested in knowing and expanding their knowledge about other things around them. The growth of learning motivation because the role of the professional teacher has verbal and non-verbal skills by creating a strategy that adapts the child's needs and makes the learning atmosphere enjoyable Keywords: teaching role, teacher, learning, students

        Item Type: Article
        Subjects: L Education > L Education (General)
        Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: ASY'ARI ASY'ARI ASY'ARI
        Date Deposited: 05 Aug 2019 15:55
        Last Modified: 05 Aug 2019 15:55
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3497

        Actions (login required)

        View Item