ASY’ARI, ASY’ARI
(2018)
Analisis Peran Mengajar Guru Pada Penigkatan Motivasi Belajar dan Kepedulian Lingkungan Siswa TK Melati Ceria School Surabaya.
Jurnal Pedagogi , 4 (2).
pp. 23-36.
ISSN 2599-042X
Abstract
Abstrak
Tujuan pemulisan ini untuk megetahui analisis peran guru pada peningkatan belajar
peserta didik di TK Melati Ceria School Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan
pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jumlah 2 responden. Data diperoleh melalui
observasi dan wawancara dengan pernyataan yang relevan. Kemudian mtode peneltian
menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif melalui
penjabaran dan diolah menjadi sebuah kalimat yang lebih runtut.Maka dari kesimpulan hasi
penelitian menunjukkan bahwa belajar yang menyenangkan anak dapat dengan mudah
menerima materi-materi yang diberikan tanpa adanya rasa malas pada diri anak karena
ketertarikan mereka pada suasana belajar tersebut. Anak tidak akan memberontak untuk
berangkat kesekolah. Dengan adanya pembelajaran diluar kelas atau diluar wilayah sekolah
berupa karya wisata akan membuat anak tambah semangat dam termotivasi belajar dan
mereka tertarik untuk mengetahui dan memperluas pengetahuannya tentang hal-hal lain
yang ada disekitarnya. Tumbuhanya motivasi belajar karena peran guru yang profesiona
memiliki kecakapan verbal dan non-verbal dengan menciptakan setrategi yang
menyesuaikan kebutuhan anak dan menjadikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
Kata kunci: peran mengajar, guru, pembelajaran, siswa
ABSTRACT
The purpose of this writing is to find out the analysis of the role of the teacher in
improving the learning of students at Melati Ceria School Surabaya. This research was conducted
with a descriptive qualitative approach, with 2 respondents. Data is obtained through observation
and interviews with relevant statements. Then the research method uses descriptive qualitative
research. Collecting data through observation, interviews, documentation. The data obtained were
analyzed descriptively through elaboration and processed into a more coherent sentence. So from
the conclusion of the research results showed that learning that pleases children can easily receive
the material provided without a sense of laziness in children because of their interest in the
learning atmosphere. that. Children will not rebel to go to school. With the learning outside the
classroom or outside the school area in the form of tourism, the children will be encouraged and
motivated to learn and they are interested in knowing and expanding their knowledge about other
things around them. The growth of learning motivation because the role of the professional
teacher has verbal and non-verbal skills by creating a strategy that adapts the child's needs and
makes the learning atmosphere enjoyable
Keywords: teaching role, teacher, learning, students
Actions (login required)
|
View Item |