UMSurabaya Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Islam Saroja melalui Model Problem Based Learning dengan Media Karbil pada Materi Pecahan

Kristanti, Lilis (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Islam Saroja melalui Model Problem Based Learning dengan Media Karbil pada Materi Pecahan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (610Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (2211Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (537Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (581Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (781Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (150Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (26Mb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak guru yang belum mengoptimalkan penggunaan alat peraga dan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, aktivitas peserta didik dan respon peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan media karbil. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian di lakukan di SD Islam Saroja Surabaya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV-B yang berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 18 peserta didik perempuan dan 8 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dengan media karbil dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik. Hal ini terlihat dari data hasil belajar pada siklus I, peserta didik yang mencapai nilai KKM 58% dengan rata-rata kelas 71,73. Peserta didik yang mencapai KKM pada siklus II sebanyak 96,15% dengan rata-rata kelas 85. Respon peserta didik terhadap penggunaan model PBL dengan media karbil positif.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, problem based learning, media karbil
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 09 Aug 2019 11:45
                Last Modified: 09 Aug 2019 11:45
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3517

                Actions (login required)

                View Item