UMSurabaya Repository

Tantangan Pembelajaran Sastra Anak di Zaman Global

Affandy , Ali Nuke and Yarno, Yarno (2019) Tantangan Pembelajaran Sastra Anak di Zaman Global. In: Seminar Sastera Kanak-Kanak dan Remaja Ke-8. Dewan Bahasa dan Pustaka Kuala Lumpur, Malaysia, pp. 1-22. ISBN 978-967-960-432-0

[img] PDF (Artikel) - Published Version
Download (373Kb)

    Abstract

    Perkembangan abad milenium ini akan membawa perubahan pesat terhadap struktur ekonomi, struktur kekuasaan, dan struktur kebudayaan dunia. Sudah tiba waktunya bagi setiap warga dunia, baik sebagai individu ataupun sebagai warga bangsa untuk bergerak, bekerja secara serius dan efektif, sesuai dengan kapasitas dan potensinya masing-masing. Mulai dari gerak preventif hingga kuratif perlu segera dilancarkan secara seksama dan berkesinambungan. Satu diantara langkah nyata itu adalah gerakan penyadaran (conscientization), mulai yang bersifat lokal, nasional, regional hingga bertaraf global. Salah satu gerakan itu adalah meningkatkan peran karya sastra sebagai kekuatan budaya (global-trible) yang baru, ketika peran agama dan moral mengalami degradasi. Gerakan itu adalah membenahi pembelajaran sastra di sekolah, mulai pengembangan kurikulum, peningkatan kompetensi guru, peningkatan budaya literasi, hingga pemilihan materi pembelajaran. Faktor guru tentu saja dianggap sebagai faktor yang dominan karena gurulah sebagai ujung tombak pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, guru harus mampu melaksanakan pembelajaran sastra yang baik bagi anak didiknya. Pembelajaran apresiasi sastra anak yang berbasis ekokritik (sastra hijau) dan kecerdasan sosial sebagai sumber pembelajaran yang utama. Dengan pencapaian tingkat apresiasi yang baik pula, akan memaksimalkan manfaat apresiasi sastra bagi anak didik khususnya membaca dan menulis kaya sastra Dengan cara ini, sastra berfungsi sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa ”humanitat” yaitu jiwa yang halus, manusiawi dan berbudaya akan tercapai.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: sastra anak, sastra hijau, ekokritik, kecerdasan sosial, humanitas
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PZ Childrens literature
    Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ali Nuke Affandy
    Date Deposited: 19 Aug 2019 14:17
    Last Modified: 21 Aug 2019 10:55
    URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3546

    Actions (login required)

    View Item