UMSurabaya Repository

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media GAPIT Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 4 Sidayu

Royhanah, Atikah Nur (2017) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media GAPIT Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 4 Sidayu. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (546Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (155Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (476Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (251Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (236Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (87Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (6Mb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Media GAPIT pada materi Garis Singgung Lingkaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 4 Sidayu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi tindakan yang diberikan.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes pada setiap akhir siklus dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Media GAPIT pada materi Garis Singgung Lingkaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 4 Sidayu. Terlihat dari nilai ketuntasan belajar siswa pada nilai UTS ke siklus I sebanyak 70,83% siswa yang tuntas belajar dan dari data nilai siklus I ke siklus II meningkat menjadi 87,5% siswa yang tuntas belajar.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: GAPIT, PBL (Problem Based Learning), prestasi belajar
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Aug 2019 12:08
                Last Modified: 20 Aug 2019 12:08
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3549

                Actions (login required)

                View Item