UMSurabaya Repository

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 6 Surabaya Melalui Penerapan Model Guided Discovery Berbasis Media Pembelajaran Interaktif

Mushoffa, Nikmatul (2017) Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 6 Surabaya Melalui Penerapan Model Guided Discovery Berbasis Media Pembelajaran Interaktif. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (609Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (159Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (587Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (374Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (1215Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (148Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (21Mb)

                Abstract

                Motivasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 6 Surabaya terbilang rendah khususnya pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut terjadi ditandai dengan 31,6% siswa tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Rendahnya motivasi siswa berakibat hasil belajar siswa juga rendah, seluruh siswa tidak tuntas pada Ujian Tengah Semester (UTS). Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-D. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Guided Discovery berbasis media pembelajaran interaktif. Pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 63,79%, sedangkan pada siklus II sebesar 80%. Terjadi peningkatan motivasi belajar sebesar 16,21%. Meningkatnya motivasi belajar siswa diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa sebelum diberikan tindakan sebesar 62,68, sedangkan nilai rata-rata siklus I sebesar 70,32 meningkat 7,64% dan siklus II memperoleh rata-rata 81,32 meningkat 11%.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Guided Discovery, Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran Interaktif, Motivasi Belajar Siswa
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Aug 2019 15:11
                Last Modified: 20 Aug 2019 15:11
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3556

                Actions (login required)

                View Item