UMSurabaya Repository

Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya

Al Mubarokah, Nurul Hanik (2017) Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (681Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (158Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (379Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (327Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (494Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (85Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (5Mb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah Di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, siswa kurang antusias dan pasif dalam pembelajaran matematika sehingga berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang kurang efektif dan efesien, menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang berminat untuk belajar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pendekatan SAVI dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Hal ini terlihat dari data sebelum dilakukan tindakan ke data hasil belajar siswa siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 78,94% dan 21,06% tuntas, sedangkan pada siklus II ada 10,53% siswa yang tidak tuntas dan 89,47% tuntas. Data aktivitas guru dan aktivitas siswa mengalami peningkatan Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 2,96 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II nilai rata-rata 3,75. Sedangkan nilai aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,19 pada siklus II meningkatkan menjadi 3,89. Data angket minat belajar siswa mengalami peningkatan terlihat dari prosentase minat belajar siswa pada siklus I 78,8% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,1%.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Meningkat, Minat Belajar, Pendekatan SAVI
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Aug 2019 15:29
                Last Modified: 20 Aug 2019 15:29
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3557

                Actions (login required)

                View Item