UMSurabaya Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Huda Jabon Sidoarjo Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (Study kasus pada materi bangun ruang)

Ningrum, Wahyu Putri Sucia (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Huda Jabon Sidoarjo Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (Study kasus pada materi bangun ruang). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (564Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (209Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (386Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (318Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (428Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (85Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (9Mb)

                Abstract

                Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penerapan pembelajaran yang memuat kegiatan diskusi sehingga menyebabkan siswa banyak bergantung pada guru. Hal ini berdampak pada 59,9% siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek peneltian ini adalah siswa kelas VIII-B MTs Darul Huda Jabon Sidoarjo. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Data dalam penelitian ini adalah hasil evaluasi belajar siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar matematika. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tuntas meningkat dari 69,44% menjadi 86,11%. Nilai rata-rata meningkat dari73,58 menjadi 88,25, aktivitas siswa termasuk kategori cukup dari 54,7% menjadi 72,97%, aktivitas guru terlaksana dengan baik, dan respon siswa termasuk baik.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Problem Based Learning
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 21 Aug 2019 15:51
                Last Modified: 21 Aug 2019 15:51
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3565

                Actions (login required)

                View Item