UMSurabaya Repository

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN BANTUAN MEDIA KARSIR SISWA TINGKAT SMP PADA MATERI BANGUN RUANG

ARFIANI , NUR (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN BANTUAN MEDIA KARSIR SISWA TINGKAT SMP PADA MATERI BANGUN RUANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1898Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (48Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (232Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (235Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (233Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (35Kb)

              Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media karsir (karton dan pasir) dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi volume bangun ruang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs YATABU Surabaya sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrument dan perangkat pembelajaran pada penelitian ini adalah RPP, LKS, media karsir, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, soal ketuntasan hasil belajar, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media karsir pada materi volume bangun ruang pada pertemuan pertama dan kedua telah memenuhi tujuh dari delapan indikator waktu ideal; (2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran rata-rata total pada pertemuan pertama dan kedua adalah 3,76 dengan kategori sangat baik; (3) Ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80% dari seluruh siswa telah mencapai KKM; (4) Respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri dengan bantuan media karsir sebesar 91,14% dengan kategori sangat positif. Sehingga, penerapan model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media karsir dalam pembelajaran matematika efektif terhadap hasil belajar karena memenuhi empat indikator yang digunakan dalam penelitian ini.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: Inkuiri; Efektifitas; Hasil Belajar; Media karsir
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 28 Oct 2019 21:56
              Last Modified: 28 Oct 2019 21:56
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3879

              Actions (login required)

              View Item