UMSurabaya Repository

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN BANTUAN MEDIA KARSIR SISWA TINGKAT SMP PADA MATERI BANGUN RUANG

ARFIANI , NUR (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN BANTUAN MEDIA KARSIR SISWA TINGKAT SMP PADA MATERI BANGUN RUANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (241kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media karsir (karton dan pasir) dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi volume bangun ruang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs YATABU Surabaya sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrument dan perangkat pembelajaran pada penelitian ini adalah RPP, LKS, media karsir, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, soal ketuntasan hasil belajar, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media karsir pada materi volume bangun ruang pada pertemuan pertama dan kedua telah memenuhi tujuh dari delapan indikator waktu ideal; (2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran rata-rata total pada pertemuan pertama dan kedua adalah 3,76 dengan kategori sangat baik; (3) Ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80% dari seluruh siswa telah mencapai KKM; (4) Respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri dengan bantuan media karsir sebesar 91,14% dengan kategori sangat positif. Sehingga, penerapan model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media karsir dalam pembelajaran matematika efektif terhadap hasil belajar karena memenuhi empat indikator yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri; Efektifitas; Hasil Belajar; Media karsir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2019 14:56
Last Modified: 28 Oct 2019 14:56
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3879

Actions (login required)

View Item View Item