UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

HAMZAH, ANNUR (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (701Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (146Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (799Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (449Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (558Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (237Kb)

              Abstract

              Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak ditemukan siswa yang pasif dalam proses pembelajaran matematika, hanya beberapa siswa saja yang aktif di kelas sehingga selalu membuat kelas tidak kondusif yang mengakibatkan pembelajaran di kelas tidak optimal. Siswa kurang yakin terhadap kemampuan diri sendiri, siswa suka mencontek kepada temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi segiempat dengan menggunakan metode One Group Pretest-Posttest Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 5 Surabaya yang berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa, lembar obsevasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, angket respon siswa, dan angket self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran tipe jigsaw di kelas VII-C di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya menunjukkan bahwa dari ketujuh indikator aktivitas siswa hampir semua indikator dalam rentang waktu yang ideal. Ketuntasan hasil belajar siswa lebih dari 87,5% dari seluruh siswa telah mencapai ketuntasan secara individu (KKM ≥75). Respon siswa sangat positif pada proses pembelajaran Self efficacy siswa meningkat antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan kategori sedang. Sehingga pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi segiempat efektif diterapkan pada siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Self Efficacy.
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 28 Oct 2019 22:04
              Last Modified: 28 Oct 2019 22:04
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3881

              Actions (login required)

              View Item