UMSurabaya Repository

Pengaruh Pendekatan Inquiry Berbasis Praktikum Menggunakan Model Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan

Damayanti, Suci (2019) Pengaruh Pendekatan Inquiry Berbasis Praktikum Menggunakan Model Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1137Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (184Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (570Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (399Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (1161Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (88Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (2597Kb)

                Abstract

                Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains, ketuntasan hasil belajar siswa dan respon siswa setelah diberikan pembelajaran dengan pendekatan Inquiry berbasis praktikum menggunakan model siklus belajar 5E. Jenis penelitian ini adalah Pre- Eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One- Group Pre-test - Post-test Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI- IPA 3 SMA Muhammadiyah Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk ketuntasan hasil belajar, teknik non-tes (Observasi) untuk kemampuan literasi sains (pada aspek mengamati, menafsirkan data, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan), dan angket untuk respon siswa terhadap pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan deskripstif kuantitatif dan uji statistik. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Kemampuan literasi sains meningkat sebesar 81.48% dengan kategori sangat baik. (2) Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal menujukkan sebesar 72.22% tuntas dengan kategori baik, dan perhitungan sensitivitas butir soal dikategorikan sensitif. Analisis data statistik uji- t pada ketuntasan hasil belajar nilai F hasil sebesar 60.985 > F tabel. Hasil uji-t menujukkan nilai signifikan 0.000 (p< α). Hasil uji N-Gain diketahui sebagian besar nilai siswa mengalami peningkatan pada kategori sedang. (3) Hasil respon siswa setelah diberikan pembelajaran mendapatkan rata- rata sebesar 85. 90% dengan kategori positif.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Ketuntasan Hasil Belajar, Literasi Sains, Model Siklus Belajar 5E
                Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: UNSPECIFIED
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 03 Dec 2019 22:30
                Last Modified: 03 Dec 2019 22:30
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3959

                Actions (login required)

                View Item