UMSurabaya Repository

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

Fauziah, Ina and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2016) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (757Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (197Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (237Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (287Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (522Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (121Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (5Mb)

                Abstract

                Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 5 adalah kemampuan untuk berkomunikasi antar siswa masih rendah, hal ini ditandai dengan masih pasifnya siswa dalam belajar, yakni kebanyakan siswa cenderung diam ketika guru bertanya. Ketika ada pertanyaan dari guru, hanya beberapa siswa aktif saja yang berusaha menjawab pertanyaan, sedangkan kebanyakan siswa tidak memberikan respon ataupun tanggapan terhadap jawaban temannya tersebut. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah Time Token. Dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dengan instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, dan angket. Perangkat yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan tes hasil belajar. Dengan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan adalah aktifitas siswa selama proses pembelajaran telah mencapai waktu ideal, aktifitas guru yang dilakukan rata-rata ketuntasan 3,1 dengan kategori baik, tes hasil mengalami peningkatan dengan ketuntasan ≥ 70% siswa, hasil analisis respon siswa diperoleh persentase ≥ 70% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran. Kata Kunci : efektifitas, Time Token

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Sep 2017 13:37
                Last Modified: 28 Sep 2017 08:58
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/42

                Actions (login required)

                View Item