UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA

Musthofa, Musa and Dr. Iis Holisin, M.Pd. and Shoffan Soffa, M.Pd (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (737Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (171Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (377Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (290Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (395Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (88Kb)

              Abstract

              Rendahnya kualitas hasil belajar yang dapat ditandai oleh pencapaian prestasi belajar yang belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal. Guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model PBL. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana bertujuan untuk mengkaji masalah-masalah yang berada di kelas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dan bertempat di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, test dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajar mencapai 78,79% dari jumlah siswa. Aktivitas siswa termasuk kategori aktif dengan skor 13,5. Pernyataan respon positif rata-rata prosentasenya sebesar 60% yang menunjukkan siswa bertanggung jawab, sering bertanya dan sering jujur dalam mengerjakan tugas sedangkan pernyataan respon negatif rata-rata prosentasenya sebesar 56% yang menunjukkan siswa kehilangan kosentrasi belajar, sulit mengerjakan tugas, tidak pernah mendapat nilai bagus dan sulit mengikuti pelajaran. Kata kunci: PBL dan PTK

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: L Education > L Education (General)
              L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 27 Sep 2017 15:28
              Last Modified: 28 Sep 2017 15:22
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/45

              Actions (login required)

              View Item