UMSurabaya Repository

BIAS GENDER DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

HAJIR, MOHAMMAD (2020) BIAS GENDER DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (605Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (419Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (455Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (338Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (984Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (1356Kb)
              [img] PDF (Bab 6)
              Restricted to Registered users only

              Download (181Kb)
                [img] PDF (Lampiran)
                Restricted to Registered users only

                Download (1217Kb)

                  Abstract

                  Buku teks pelajaran berperan penting dalam sistem pembelajaran nasional karena merupakan salah satu komponen dalam proses pembelajaran. Dengan buku teks yang baik, yang isinya mencakup semua kompetensi dasar (KD) sesuai tuntutan standar isi, penyajiannya menarik, bahasanya baku, dan ilustrasinya menarik dan tepat, diharapkan proses pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa bisa mencapai standar kompetensi lulusan (SKL) dan berkarakter. Begitu strategisnya peran buku teks sehingga peneliti menjadikan buku teks bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 edisi revisi sebagai objek penelitian dikaitkan dengan bias gender. Berdasar hasil penelitian disimpulkan bahwa buku teks bahasa Indonesia SMA Edisi Revisi terdapat bias gender. Bias gender tersebut terdapat di teks maupun gambar. Terdapat bias gender subordinasi dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 edisi revisi. Bias gender subordinasi ini menganggap jenis kelamin tertentu, dalam hal ini laki-laki lebih unggul. Itu dibuktikan dari contoh-contoh teks yang ada lebih banyak hasil karya pengarang laki-laki. Tidak hanya subordinasi ada peneliti juga menemukan bias gender marginalisasi, yaitu meminggirkan peran perempuan, erutama dalam bidang pekerjaan. Sementara itu, bias gender stereotip juga peneliti temukan. Bias gender stereotip memposisikan perempuan sebagai pajangan. Karena itu, lebih dilihat dari tampilan fisik semata.

                  Item Type: Thesis (Masters)
                  Uncontrolled Keywords: bias gender, buku teks.
                  Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
                  Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
                  Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                  Date Deposited: 09 Nov 2020 10:41
                  Last Modified: 09 Nov 2020 10:41
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4832

                  Actions (login required)

                  View Item