UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEHNIK MENGANYAM PADA KELOMPOK B TK DARUS SALAM KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NINGSIH, ANITA LILIK SUGIARTI (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEHNIK MENGANYAM PADA KELOMPOK B TK DARUS SALAM KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (842Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (81Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (82Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (82Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (84Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (81Kb)
              [img] PDF (Bab 6)
              Restricted to Registered users only

              Download (81Kb)
                [img] PDF (Lampiran)
                Restricted to Registered users only

                Download (542Kb)

                  Abstract

                  Motorik Halus adalah pengorganisasian penggunaan sekelompok otot-otot kecil seperti jari-jemari dan tangan yang sering membutuhkan kecermatan dalam koordinasi mata dan tangan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaiman cara meningkatkan Motorik Halus Anak melalui tehnik menganyam pada kelompok TK DARUS SALAM Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian terdiri dari 16 Anak, Instrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan alat untuk mendapatkan data dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan Guru Kelompok TK serta foto kegiatan siswa Kelompok TK. Hasil dari studi pendahuluan anak yang mampu mencapai nilai baik hanya 2 anak atau 16,7% dari jumlah siswa keseluruhan sehingga 16 anak lainnya membutuhkan bimbingan guru. Hasil siklus 1 diketahui bahwa kemampuan Anak sudah mengalami peningkatan dari 2 anak yang mendapat nilai baik meningkat menjadi 8 anak atau 66,7% yang mendapat nilai baik. Hal ini dikarenakan anak dalam menganyam kertas tambah teliti dan sabar serta mengkoordinasikan otak mata dan tangan dalam menjalinkan pita atau daun. Perkembangan Motorik Halus anak secara keseluruhan meningkat pada siklus II yaitu 14 anak atau 83,3% dari jumlah keseluruhan yang mencapai nilai sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa Motorik Halus anak melalui tehnik menganyam dapat meningkat dengan baik karena secara klasikal dari 16 anak terdapat 14 anak yang mencapai kriteria ketuntasan dan hanya 2 anak yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II dapat disimpulkan bahwa Motorik Hakus anak dapat ditingkatkan melalui Tehnik Menganyam secara klasikal dari 16 anak, terdapat 14 anak yang telah mencapai kriteria ketuntasan dan hanya 2 anak yang tidak tuntas dalam Motorik Halus melalui Tehnik Menganyam. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 83,3% yang berarti bawa Motorik Halus Anak berhasil dengan sangat baik.

                  Item Type: Thesis (Undergraduate)
                  Uncontrolled Keywords: Motorik Halus; Tehnik Menganyam
                  Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
                  Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                  Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                  Date Deposited: 11 Dec 2020 18:09
                  Last Modified: 11 Dec 2020 18:09
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4956

                  Actions (login required)

                  View Item