UMSurabaya Repository

PEMBELAJARAN SENI TARI KUPU – KUPU PADA KELOMPOK B DI TK BUDI UTOMO GUBENG KLINGSINGAN SURABAYA

SULISTYAWATI, IRENE ENDAH (2019) PEMBELAJARAN SENI TARI KUPU – KUPU PADA KELOMPOK B DI TK BUDI UTOMO GUBENG KLINGSINGAN SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1661Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (152Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (269Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (235Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (393Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (84Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (574Kb)

                Abstract

                Pembelajaran tari kupu-kupu selain sebagai upaya pelestarian budaya, pembelajaran ini juga disesuaikan dengan kebutuhan anak agar anak lebih mudah menguasai materi dari pembelajaran tari tersebut. Anak juga belajar untuk memahami nilai-nilai yang terkandung dalam tari kupu-kupu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari kupu-kupu pada kelompok B di TK Budi Utomo Gubeng Klingsingan Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari kupu-kupu pada kelompok B di TK Budi Utomo Gubeng Klingsingan Surabaya. Metodologi Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengembangan dalam pembelajaran tari kupu-kupu terlihat dari segi kognitif, segi afektif, dan segi psikomotorik. Segi kognitif yaitu anak mampu berpikir apabila diberikan pertanyaan oleh guru, mampu menghafal nama gerakan dan perpindahan gerakan sesuai musik tarian kupu-kupu. Segi afektif yaitu anak mampu menjawab salam, anak mampu mengajukan pertanyaan kepada pelatih atau teman terkait gerakan yang kurang dipahami oleh anak, bergantian serta keberanian dan percaya diri anak muncul. Segi psikomotorik yaitu anak mulai belajar keseimbangan mengangkat satu kaki, gerkan meloncat dan mampu memperagakan tarian kupu-kupu dengan iringan musik bergantian menari didepan teman-temannya.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: kelompok B, pembelajaran, seni tari kupu-kupu
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
                Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                Date Deposited: 11 Jan 2021 19:44
                Last Modified: 11 Jan 2021 19:44
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5021

                Actions (login required)

                View Item