UMSurabaya Repository

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Megasari, Ryma and Drs. Misrin Hariadi, SE.,M.AK and Qurratul A’yun N, SE.,MEI (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (187Kb)
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (172Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (194Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (343Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (455Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (8Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (276Kb)

                Abstract

                Peran kecerdasan intelektual (IQ) dalam dunia kerja ternyata hanya menempati posisi kedua setelah kecerdasan emosi dalam menentukan peraih prestasi puncak. Minat belajar semua tindakan-tindakan yang dilakukan dalam proses belajar yang dipengaruhi keinginan, kecenderungan hati, kemampuan dan perhatian terhadap suatu bidang studi. Bagaimanakah pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar pada mahasiswa akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 41 responden. Teknik pengelolahan data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Dari hasil analisis regresi berganda didapatkan bahwa yang berpengaruh paling dominan dalam tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa yaitu variabel kecerdasan emosional dengan tingkat kolerasi sebesar 0.575 dan minat belajar hanya memiliki tingkat kolerasi sebesar 0.497. Untuk Uji t (parsial) diperoleh hasil dari perhitungan regresi untuk variabel kecerdasan emosional = 4.330, sedangkan untuk variabel minat belajar = 3.530, artinya kedua variabel tersebut memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi di universitas muhammadiyah surabaya. Kata-kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HG Finance
                L Education > L Education (General)
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 10 Nov 2017 12:50
                Last Modified: 10 Nov 2017 12:50
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/508

                Actions (login required)

                View Item