UMSurabaya Repository

Studi Kasus Pemberian Health Education Dengan Metode Peer Group Dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah SDN Medokan Semampir Surabaya

Kholili, Kholili (2019) Studi Kasus Pemberian Health Education Dengan Metode Peer Group Dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah SDN Medokan Semampir Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1730Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (1455Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2 )
      Download (1678Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (1460Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (1662Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (1302Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (1081Kb)

                Abstract

                Masa usia sekolah merupakan masa dimana anak akan belajar keterampilan fisik, dan membangun fisik yang sehat. Perkembangan anak dalam masa usia sekolah dasar merupakan bagian dari perkembangan berikutnya. Perilaku hidup bersih dan sehat disekolah adalah upaya untuk memberdaya siswa/i, orang tua, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu dan mampu mempraktikan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Menerapkan Health Education Dengan Metode Peer Group Dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah SDN Medokan Semampir Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan analisis diskriptif tentang pelaksanaan Education dengan metode Peer Group dalam penerapan PHBS (Mencuci tangan dan menggosok gigi) pada anak sekolah SDN Medokan Semampir Surabaya. Sebanyak 5 responden dengan menggunakan data observasi. Data yang diperoleh dari hasil observasi disajikan dalam bentuk tabel. Hasil observasi di dapatkan, bahwa perilaku siswa/i sesudah diberikan Health Education dengan metode Peer Group dalam kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa siswa/i mengalami peningkatan pengetahuan dan perilaku tentang Hidup Bersih dan Sehat.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Health Education, PHBS, Peer Group
                Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
                R Medicine > RT Nursing
                Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 05 Nov 2021 11:00
                Last Modified: 05 Nov 2021 11:00
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5645

                Actions (login required)

                View Item