UMSurabaya Repository

SIMULASI PEMASANGAN FIX BALLAST UNTUK MENJAGA STABILITAS KAPAL KONTAINER

Lutfi Ansori, Miftakh and Irwan Syahrir, S.Si., M.Si. and Soejitno, Ir. (2015) SIMULASI PEMASANGAN FIX BALLAST UNTUK MENJAGA STABILITAS KAPAL KONTAINER. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1141Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (37Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (272Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (73Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (5Mb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (21Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (340Kb)

                Abstract

                Ketika stabilitas kapal kurang baik,maka dari pihak pelayaran selaku pemilik kapal akan melakukan pengaturan ulang muatan bahkan tidak jarang terjadi pembongkaran ulang muatan agar kapal tetap bisa berlayar dengan aman,akan tetapi hal tersebut dirasa kurang efektif,dikarenakan akan menimbulkan biaya tambahan dan juga muncul idle time atau waktu tunggu yang lebih lama di pelabuhan. maka dari hal tersebut akan dilakukan simulasi pemasangan fix ballast atau ballast tetap pada tanki kapal yang nantinya bertujuan agar stabilitas kapal tetap terjaga walaupun kapal tersebut melakukan pemuatan dengan kondisi muatan yang variatif.Setelah dilakukan pengisian ballast nilai GM Kapal mengalami kenaikan dari semula sebelum dilakukan pengisian ballast,dalam kondisi dari kondisi normal sebelum ballasting di angka 0,8 menjadi 1,23 setelah dilakukan ballasting.Berdasarkan simulasi setelah dilakukan ballasting dapat disimpulkan bahwa periode roling kapal menjadi lebih cepat dibandingkan sebelum ballasting yang semula sebelum ballasting dari angka 16 s – 19s setelah dilakukan ballasting berubah menjadi di angka 13s – 17s, berdasarkan FAO/ILO/IMO Voluntary Guidelines for the Design, Construction and Equipment of Vessels, 2005 kapal diindikasikan memiliki stabilitas yang baik berada pada angka 14s-18s. Kata Kunci : fix ballast, stabilitas,ballasting.idle time

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: T Technology > T Technology (General)
                Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                Depositing User: Users 322 not found.
                Date Deposited: 13 Nov 2017 10:59
                Last Modified: 13 Nov 2017 10:59
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/600

                Actions (login required)

                View Item