UMSurabaya Repository

PENATAAN DAN PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUNGMAS BOJONEGORO “DENGAN PENEKANAN PADA DESAIN ARSITEKTUR ISLAMI”

Habibi, Fuad and Vippy Dharmawan, , Ir. M.Ars and Gunawan , Ir., MT. (2016) PENATAAN DAN PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUNGMAS BOJONEGORO “DENGAN PENEKANAN PADA DESAIN ARSITEKTUR ISLAMI”. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (453Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (477Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (467Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (192Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (919Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (899Kb)
              [img] PDF (Bab 6)
              Restricted to Repository staff only

              Download (923Kb)
                [img] PDF (Lampiran)
                Restricted to Repository staff only

                Download (1978Kb)

                  Abstract

                  Sebagai salah satu pondok pesantren yang cukup ternama di Bojonegoro Jawa Timur, pondok pesantren Darussalam Dungmas mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari saat awal berdirinya pondok pesantren yang hanya memiliki satu bangunan, saat ini telah memiliki sepuluh bangunan yang tersebar di seluruh area lokasi pondok tersebut. Perkembangan pondok pesantren yang tumbuh secara alamiah dan muncul karena tuntutan kebutuhan, menyebabkan prinsip-prinsip desain arsitektur, khususnya penekanan pada desain arsitektur Islami kurang begitu diperhatikan. Permasalahan inilah yang mendorong perlunya suatu penataan dan pengembangan pondok pesantren yang dirancang dengan penekanan pada desain arsitektur Islami. Hal ini dikaitkan dengan penelitian Edrees bahwa five principles in architecture sangat erat hubungannya dengan prinsip-prinsip Islam. Prinsip-prinsip Islam tentang kejujuran dan kesederhanaan akan membawa penataan dan pengembangan pondok pesantren kearah yang lebih baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan digunakannya konsep dan prinsip-prinsip Islam sebagai dasar acuan desain dan juga sebagai solusi desain. Islam menyukai keindahan dan juga kesederhanaan. Prinsip tidak berlebih-lebihan dan fungsional yang diterapkan dalam desain menghasilkan arsitektur yang lebih memenuhi prinsip efisien. Begitu juga dengan prinsip Islam yang menjunjung tinggi keseimbangan dan keselarasan, ramah terhadap lingkungan, dan menyatu dengan alam sekitar yang diterapkan dalam desain, menghasilkan arsitektur yang lebih memenuhi prinsip konteks. Kedua hal inilah yang menjadi dasar kunci kesuksesan dalam penataan dan pengembangan pondok pesantren ini kearah yang lebih baik. Kata Kunci: Pondok Pesantren, Prinsip Islam, Efisien dan konteks.

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: T Technology > TS Manufactures
                  Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
                  Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
                  Depositing User: Users 322 not found.
                  Date Deposited: 13 Nov 2017 13:05
                  Last Modified: 13 Nov 2017 13:05
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/607

                  Actions (login required)

                  View Item