UMSurabaya Repository

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN PINJAMAN TERHADAP EFEKTIFITAS PEMANFAATANNYA DI KOPERASI KARYAWAN PRIMA TIRTA PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA

Handayani, Fitria and Drs. Misrin Hariyadi, SE, M.Ak and Fitri Nuraini, SE.,M.Ak (2016) SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN PINJAMAN TERHADAP EFEKTIFITAS PEMANFAATANNYA DI KOPERASI KARYAWAN PRIMA TIRTA PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (295Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (BAB 1)
    Download (164Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (BAB 2)
      Download (275Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (BAB 3)
        Download (163Kb) | Preview
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (210Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (BAB 5)
            Download (88Kb) | Preview
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2063Kb)

                Abstract

                Kopkar Prima Tirta PDAM Surya Sembada Kota Surabaya merupakan salah satu lembaga perkoperasian yang melakukan kegiatan dalam bentuk pemberian pinjaman. Namun tidak efektifnya sistem informasi akuntansi pemberian pinjaman dalam koperasi ini akan memberikan pengaruh tersendiri terhadap efektifitas pemanfaatannya. Timbulnya tidak efektifnya sistem informasi akuntansi pemberian pinjaman yang disebabkan dari sistem pemberian pinjaman maupun dari proses pemberian pinjaman yang dilakukan di koperasi itu sendiri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif serta menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Kopkar Prima Tirta PDAM Surya Sembadakota Surabaya dalam pemberian pinjamannya tidak efektif terhadap pemanfaatan sistem informasi akuntansinya. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa Kopkar Prima Tirta PDAM Surya Sembadakota Surabaya masih belum efektif pemanfaatan sistem informasi akuntansi pemberian pinjamannya, karena SOP yang telah ditetapkan tidak sesuai dengan praktek dan realisasi yang terjadi sebenarnya. Saran yang diberikan agar Kopkar lebih konsisten dengan prosedur yang ditetapkan. Kopkar harus lebih memperhatikan prosedur pemberian pinjaman yang terjadi dalam prakteknya. Agar sistem informasi akuntansi pemberian pinjaman dapat dikatakan efektif pemanfaatannya di Kopkar Prima Tirta PDAM Surya Sembadakota Surabaya. Kata kunci : sistem informasi akuntansi, pemberian pinjaman, efektiftas pemanfaatan.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HG Finance
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 14 Nov 2017 13:51
                Last Modified: 14 Nov 2017 13:51
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/734

                Actions (login required)

                View Item