UMSurabaya Repository

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA REUMATHOID ARTRITIS DENGAN MASALAH UTAMA NYERI AKUT DI PUSKESMAS SIDOTOPO WETAN SURABAYA

Praneswari , Citra and Nur Mukarromah, SKM, M.Kes (2015) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA REUMATHOID ARTRITIS DENGAN MASALAH UTAMA NYERI AKUT DI PUSKESMAS SIDOTOPO WETAN SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (371Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (175Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (419Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (251Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (182Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (13Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1560Kb)

                Abstract

                Rematik yang sering disebut arthritis (arthritis) terdiri dari lebih dari 100 jenis kelainan. Penyakit ini terutama terjadi pada otot rangka, tulang, ligamen, tendon dan sendi pada pria dan wanita pada semua umur. Reumathoid arthritis disebabkan oleh kuman, bakteri dan virus. Reumathoid Arthritis sering muncul pada orang-orang di usia berapapun dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penulis mengambil masalah di Ibu N karena kliennya termasuk dalam usia produktif, dan sering mengeluhkan rasa sakit selama aktivitas bahkan dalam rentang gerak yang terbatas (Cush, JJ dan Lipsky, PE, 2005). Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk dapat melakukan asuhan keperawatan keluarga penderita rheumatoid arthritis dengan nyeri akut di Puskesmas Sidotopo Wetan Surabaya. Makalah Ilmiah ini menggunakan metode penulisan deskriptif, pendekatan studi kasus untuk asuhan keperawatan meliputi penilaian keperawatan keluarga dengan Reumathoid Arthritis, perencanaan keperawatan, pelaksanaan selama 2 minggu pada tanggal 22 Juni 2015 sampai 5 Juli 2015, dan evaluasi keperawatan. Hasil yang ditemukan adalah diagnosa keperawatan, yaitu ditemukannya dua diagnosa nyeri akut dan penanganan keluarga yang tidak efektif, semua intervensi yang direncanakan oleh para peneliti dapat diimplementasikan. Diagnosis kedua implementasi dilakukan dengan menggunakan kompres air hangat dan evaluasi selama empat pertemuan dan semua diagnosa diselesaikan sebagian. Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa setelah ditinjau kembali keluarga Nyonya N, penulis memperoleh hasil atau data yang mengarah ke Ibu N yang menderita reumathoid arthritis. Ini harus dilakukan untuk penyelidikan seperti tes laboratorium untuk anggota keluarga yang menderita. KEYWORDS: Keluarga Perawat Reumathoid Perawat.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > RT Nursing
                Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Keperawatan
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 14 Nov 2017 15:47
                Last Modified: 14 Nov 2017 15:47
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/767

                Actions (login required)

                View Item