UMSurabaya Repository

ANALISIS PERBEDAAN PENENTUAN TARIF SUMBANGAN PENYELENGGARA PENDIDIKAN (SPP) BERDASARKAN METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) (STUDI DI SD MUHAMMADIYAH 1 KRIAN)

Dianah, Anisah and Dr Anna Marina, M.Si, Ak, CA and Zeni Rusmawati, S.Pd., M.Pd (2016) ANALISIS PERBEDAAN PENENTUAN TARIF SUMBANGAN PENYELENGGARA PENDIDIKAN (SPP) BERDASARKAN METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) (STUDI DI SD MUHAMMADIYAH 1 KRIAN). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (334Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (BAB 1)
    Download (199Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (BAB 2)
      Download (417Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (BAB 3)
        Download (200Kb) | Preview
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (728Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (BAB 5)
            Download (87Kb) | Preview
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (435Kb)

                Abstract

                Pada dasarnya, informasi akuntansi manajemen Sekolah saat ini harus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat agar dapat bertahan dalam industri pelayanan jasa. Salah satunya adalah dengan meningkatkan perhitungan biaya pendidikan. Perhitungan biaya yang akurat dapat membuat sekolah meningkatkan pelayanan serta dapat memaksimalkan penggunaan biaya pendidikan yang terjadi. Oleh karena itu, perhitungan biaya-biaya yang terjadi di sekolahan menjadi sangat penting. Tujuan Penelitian ini untuk menghitung tarif Sumbangan Penyelenggara Pendidikan berdsarkan konvensional dan Activity Based Costing (ABC). dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Krian dengan perolah data melalui wawancara, Dokumentasi, Penelitian kepustakaan dan observasi. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif komparatif yaitu perbandingan tarif Sumbangan Penyelenggara Pendidikan (SPP) berdasarkan metode konvensional dengan Activity Based Costing (ABC.). Berdasarkan hasil penelitian Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Dengan menggunakan metode Activity Based Costing (ABC) tarif Sumbanagn Penyelenggara Pendidikan (SPP) hasil selisih sebesar selisih perhitungan sebesar kelas 1 Rp 10,185,- kelas 2 Rp (8.825),- kelas 3 Rp (9.020),- kelas 4 Rp 5.498,- kelas 5 Rp 4.834,- kelas 6 Rp 1.584,- yang merupakan selisih antara perhitungan biaya konvensional dengan Activity Based Costing (ABC). Dengan adanya metode Activity Based Costing (ABC) sekola dapat mengambil kebijakan yang akurat dalam menetukan tarif Sumbangan Penyelenggara Pendidikan (SPP) sesuai dengan perencanaan keuangan dan kebutuhan sesuai dengan anggaran yang tersedia. Kata kunci: Tarif Sumbangan Penyelenggara Pendidikan (SPP), Activity Based Costing (ABC)

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HG Finance
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 15 Nov 2017 09:37
                Last Modified: 15 Nov 2017 09:37
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/800

                Actions (login required)

                View Item