UMSurabaya Repository

IDENTIFIKASI DAN PEMETAAN BENTUK DAN RANAH KOMPETENSI INSTRUMEN ASESMEN MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH SE-SURABAYA

WAHYU NITA, RATNA and Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd (2016) IDENTIFIKASI DAN PEMETAAN BENTUK DAN RANAH KOMPETENSI INSTRUMEN ASESMEN MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH SE-SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1584Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (281Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (442Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (313Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (486Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (88Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (3616Kb)

                Abstract

                Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui bentuk instrumen asesmen, ranah kompetensi apa saja yang digunakan dan bagaimana level kompetensi instrumen asesmenmatapelajaran biologi SMA Muhammadiyah se-Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran biologi SMA Muhammadiyah se-Surabaya dan dokumen instrumen penilaian yang dibuat guru-guru. Metode yang digunakan: wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bentuk instrumen asesmen matapelajaran biologi SMA Muhammadiyah se-Surabaya adalah pilihan ganda sebesar 100%; uraian objektifsebesar71,43%; daftar cek/psikomotor dan daftar sikapsebesar42,86% dan uraian non objektifsebesar14,29%. Semua SMA Muhammadiyah se-Surabaya menggunakan instrumen asesmen ranah kognitif, selain itu 3 sekolah menggunakan instrumen asesmen ranah afektif dan 4 sekolah menggunakan instrumen asesmen ranah psikomotor. Level tertinggi pada setiap ranah kompetensi adalah: untuk ranah kognitif yaitu memahamidan mengaplikasisebesar 26%,untuk level ranah afektif yaitu karakterisasi menurut nilaisebesar 14% dan untuk level ranah psikomotor yaitu naturalisasisebesar 17%. Kata Kunci: Identifikasi, Instrumen, Asesmen, Bentuk-bentuk instrumen asesmen, Ranah kompetensi, Level ranah kompetensi

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                Depositing User: Users 320 not found.
                Date Deposited: 15 Nov 2017 12:26
                Last Modified: 15 Nov 2017 12:26
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/841

                Actions (login required)

                View Item