UMSurabaya Repository

PENGARUH BERMAIN BALOK ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK RETARDASI MENTAL KELAS 4 DI SDLB/C ADITAMA SURABAYA

A’tiana, Zuhrina Irma and Reliani, S.Kep.Ns., M.Kes and Mundakir, S.Kep., Ns., M.Kep (2016) PENGARUH BERMAIN BALOK ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK RETARDASI MENTAL KELAS 4 DI SDLB/C ADITAMA SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (549Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (135Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (244Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (392Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (343Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (82Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2869Kb)

                Abstract

                Retardasi mental merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami hambatan dalam menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sekitar, serta mengalami hambatan pada bidang akademik. Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran akan susah untuk diterima atau dipahami anak retdasi mental. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Menganalisis Pengaruh Aktivitas Permainan Balok Angka Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Pada Anak Retardasi Mental Kelas 4 Di SDLB/C Aditama Surabaya. Desain penelitian yang digunakan pre experimental design dengan pendekatan one group pre-test – post test design. Jumlah populasi 17 anak dan didapatkan sampel sebanyak 17 anak dengan menggunakan Total Sampling. Variabel independet dalam penelitian yaitu bermain balok angka dan variabel dependet yaitu kemampuan berhitung. Instrumnet yang digunakan untuk penelitian yaitu lembar observasi dan balok angka. Analisa data uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxon Sign Rank Test menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian setelah dilakukan intervensi didapatkan anak retardasi mental mengalami peningkatan dalam berhitung sebanyak 12 anak , dan 4 anak belum mengalami peningkatan. Hasil yang didapatkan dari Uji Wilcoxon Sign Rank Test ρ= 0,01 < α=0,05 . Yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh tentang metode pembelajaran dengan bermain balok angka pada anak retardasi mental di SDLBC Aditama Surabaya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru pengajar maupun orang tua dapat mengajarkan berhitung dengan cara yang variatif dengan menggunakan alat permainan, agar anak dapat belajar sambil bermain. Kata Kunci : Bermain Balok Angka, Retardasi Mental, Kemampuan Berhitung

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
                R Medicine > RT Nursing
                Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
                Depositing User: ika
                Date Deposited: 16 Nov 2017 12:09
                Last Modified: 16 Nov 2017 12:09
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/915

                Actions (login required)

                View Item