UMSurabaya Repository

PENTINGNYA PENETAPAN BIAYA PRODUK PESANAN TERHADAP PEROLEHAN LABA DI PT. BARATA INDONESIA (Persero)

Setiawan, Adhar Putra and Drs. Ec. Ezif Moh. Fahmi W, Ak, MM and Qurratul A’yun Nailufarh, SE, MEI (2014) PENTINGNYA PENETAPAN BIAYA PRODUK PESANAN TERHADAP PEROLEHAN LABA DI PT. BARATA INDONESIA (Persero). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (64kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Proses produksi pesanan setiap jenis produk yang dihasilkan memerlukan perlakuan atau kekhasan tersendiri sehingga masing-masing produk menggunakan sumber daya yang berbeda. Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya untuk berkembang dan mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha di bidang pemasaran, produksi, dan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pentingnya penetapan biaya produk pesanan terhadap perolehan laba di PT. Barata Indonesia (Persero)! Untuk mengetahui laba yang diperoleh dapat dilihat ke laba penjualan dari tahun 2011 hingga 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penetapan biaya produk pesanan terhadap perolehan laba. Data yang digunakan yaitu berupa laporan keuangan yang diperoleh dari PT Barata Indonesia dari tahun 2011 sampai tahun 2013. Hasil perhitungan Harga Jual terhadap estimasi perolehan laba tahun 2011 sebesar 1,5%, tahun 2012 sebesar 2,3%, dan tahun 2013 sebesar 4%. Jumlah laba yang ditargetkan tidak sesuai dengan rencana dan mengalami kerugian begitu besar. Kerugian ini dikarenakan tidak adanya order berjangka panjang dari pelanggan namun tetap mengerjakan Mass Product. Perencanaan laba yang ditargetkan PT. Barata Indonesia ketika dianalisis tidak dapat tercapai pada periode 2011, 2012. Sedangkan pada 2013 perusahaan mengalami peningkatan penjualan dan memperoleh laba sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian. Melihat besarnya kerugian yang dihasilkan oleh PT. Barata Indonesia, penulis menyarankan perusahaan dapat memaksimalkan penjualan yang lebih dan juga menambah target laba perusahaan, karena perusahaan ini merupakan perusahaan job order. Kata Kunci : Penetapan Biaya, Biaya Produk, Perolehan Laba

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 02. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 07 Nov 2017 04:02
Last Modified: 07 Nov 2017 04:02
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item